Minggu, 26 Juni 2022

Vaksin Terhadap Ternak Kerbau Dilakukan Dinas Peternakan Pandeglang Bersama Kapolsek Saketi Polres Pandeglang



Pandeglang // GebrakNasional.com - Dalam rangka Upaya pencegahan penyebaran penyakit PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) pada hewan ternak kerbau Dinas Pertenakan Pandeglang laksanakan vaksin terhadap kerbau yang bertempat di Kandang kerbau Kampung Jamring Desa Medalsari kec Saketi bersama Muspika kec. Saketi serta hadir juga kades Medal sari. Minggu (26 Juni 2022).

Dalam kesempatan tersebut Dinas pertenakan yang dipimpin oleh Ibu Kabid peternakan dan kesehatan hewan Wahyu Widayanti melaksanakan vaksin di beberapa kandang milik Sdr. Lutbi,muksin,Rojak agar kerbau milik masyarakat tidak terjangkit penyakit kuku dan mulut serta menyampaikan pesan terkait pencegahan terhadap adanya PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang menyerang hewan berkuku genap atau belah seperti kerbau. 


Kabid peternakan dan kesehatan hewan dalam pelaksanaan vaksin terhadap kerbau ini untuk mencegah penyakit kuku dan mulut yang kalau tidak di vaksin akan merugikan kepada pemilik kerbau dan dalam kediatan tersebut kerbau yang divaksin sebanyak 50 kerbau dan semoga kegiatan vaksin ini dapat membantu masyarakat peternak kerbau.

Kapolsek Saketi AKP Heru Ridartono.SH yang mendampingi kegiatan vaksin tetap lebih baik kalau berhati – hati dan waspada apabila menyentuh hewan sapi yang terkena virus PMK, sebaiknya mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh hewan sapi atau hewan ternak lainnya, karena penyakit ini mudah menular.

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran PKM ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kesehatan yaitu dengan pemberian vaksin dan vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang, menyemprotkan disinfektan sekitar kandang.

Selain itu kapolsek  Juga menghimbau agar warga masyarakat tidak perlu panik karena penyakit PMK tidak menular pada manusia, kalau ada hewan yang sakit agar segera menghubungi dokter hewan terdekat, agar segera mendapatkan pengobatan dengan baik. (Wie/Ida)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top