Jumat, 19 April 2024

Arus Mudik dan Balik Angkutan Lebaran Tahun 2024 di Pelabuhan Ciwandan Berjalan Aman dan Lancar


Cilegon // GebrakNasipnal.com - PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten telah melayani kegiatan arus mudik dan balik angkutan lebaran Tahun 2024 dari Jawa ke Sumatera dan sebaliknya, yaitu tujuan Pelabuhan Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Untuk pelayanan arus mudik dimulai pada tanggal 3 April 2024 s.d 9 April 2024, Pelabuhan Ciwandan telah melayani 121 (seratus dua puluh satu) keberangkatan kapal penyeberangan yang terdiri 4 (empat) kapal untuk lintasan Ciwandan-Panjang dengan jumlah penumpang sebanyak 1.056 orang, sepeda motor sebanyak 632 unit, mobil sebanyak 22 unit dan truck sebanyak 49 unit kemudian 117 (seratus tujuh belas) kapal untuk lintasan Ciwandan-Bakauheni dengan jumlah penumpang sebanyak 96.992 orang, sepeda motor sebanyak 68.341 unit, mobil sebanyak 396 unit dan truck sebanyak 3.213 unit, Jumat (19/04).


Untuk pelayanan arus balik dimulai pada tanggal 12 April 2024 s.d 17 April 2024, Pelabuhan Ciwandan telah melayani 16 (enam belas) kedatangan kapal penyeberangan untuk lintasan Panjang-Ciwandan dengan jumlah penumpang sebanyak 6.807 orang, sepeda motor sebanyak 3.256 unit dan mobil sebanyak 207 unit. 


Sesuai dengan instruksi dari pemerintah terkait dukungan kelancaran arus mudik dan balik Tahun 2024, PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten telah menyediakan fasilitas Dermaga sesuai permintaan H-7 s.d H+7 yaitu Dermaga 05A, Dermaga 03 dan Dermaga 07 kemudian menyiapkan area lapangan parkir (buffer area) + Back up area untuk motor seluas 7.000 M2 dengan kapasitas 2.000 unit dan area lapangan (buffer area) truck logistik seluas 25.000 M2 dengan kapasitas 200 unit serta sudah diantisipasi kantong parkir di lapangan TPS 01 seluas 7.000 M2 untuk motor dan mobil yang kondisinya masih relatif aman dan lancar selama digunakan sementara dalam mendukung angkutan lebaran Tahun 2024/1444 H.


Kegiatan angkutan lebaran di Pelabuhan Ciwandan ini juga di dukung dari Instansi terkait penyediaan petugas Kesehatan dan 1 (satu) unit ambulance dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Banten, penyediaan dari petugas KSOP Kelas I Banten, penyediaan petugas keamanan dari Kepolisian Setempat yaitu Polda Banten, Polres Cilegon dan KSKP Banten kemudian penyediaan petugas keamanan dari TNI yaitu Kodim Cilegon dan Koramil Ciwandan serta penyediaan dari Petugas BPTD Wilayah VIII Banten serta dari petugas BMKG dan PT ASDP (Persero) Cabang Merak sebagai pengelola tiket.


PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten telah menyiapkan petugas pelayanan keamanan dengan pola 24/7, petugas pandu 2 orang dari Pelindo yang bertugas secara bergantian dan 2 unit Kapal Tunda dari Pelindo serta didukung juga Kapal Tunda dari BUP Lain yaitu PT Krakatau Bandar Samudera 1 unit Kapal Tunda dan PT Pelabuhan Cilegon Mandiri 1 unit Kapal Tunda serta fasilitas pendukung yang disiapkan dari Pihak ASDP seperti Posko tenda bersama untuk aparat kemananan, toilet umum, ruang P3K, tenda UMKM, customer service, ruang tunggu penumpang, ruang bermain anak, ruang menyusui, musholla dan pos kesehatan yang disupport dari instalasi air dan listrik dari PT Pelindo Regional 2 Banten serta ruang media center yang disiapkan oleh PT Pelindo Regional 2 Banten kepada rekan-rekan media lokal dan nasional dalam meliput kegiatan arus mudik dan balik Tahun 2024.


Kondisi selama masa angkutan lebaran Tahun 2024 didalam Pelabuhan Ciwandan berjalan lancar, aman dan tertib. Dalam pelaksanaan kepadatan antrian terjadi di dalam Pelabuhan Ciwandan yang didominasi oleh motor dan sudah diantisipasi kantong parkir di lapangan TPS 01 seluas 7.000 M2 untuk menghindari kemacetan di jalan raya. 


Pelabuhan Ciwandan mendapat kunjungan dari Pejabat Negara dan Daerah antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kapolda Banten Irjen. Pol. Abdul Karim, Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Walikota Cilegon Heldy Agustian meninjau kesiapan dan aktivitas mudik di Pelabuhan Ciwandan.


Pelabuhan Ciwandan juga mendapatkan perhatian dari Direksi PT Pelindo (Persero) dan PT ASDP (Persero) dengan melakukan kunjungan dan memantau aktivitas kegiatan arus mudik dan balik Tahun 2024 antara lain oleh Direktur Utama PT Pelindo (Persero) Arif Suhartono yang didampingi oleh Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi, Direktur Pengelola PT Pelindo (Persero) Putut Sri Muljanto, Group Head Pelayanan Kapal PT Pelindo (Persero) Arief Hermawan, Executive Director 2 PT Pelindo (Persero) Drajat Sulistyo yang didampingi oleh General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten Yohanes Wibowo Situmeang meninjau kondisi Pelabuhan Ciwandan.


"Kami telah mendukung program pemerintah dalam kelancaran arus mudik dan arus balik Tahun 2024 di Pelabuhan Ciwandan, Banten untuk mengurangi kepadatan lonjakan pemudik di Pelabuhan Merak" ujar General Manager PT Pelindo (Persero) Regional 2 Banten, Yohanes Wibowo Situmeang.


Yohanes menambahkan kegiatan Angkutan Lebaran terlaksana dengan baik aman dan lancar, tidak terlepas dari kolaborasi dan sinergitas serta kerjasama dari seluruh instansi terkait di Pelabuhan Ciwandan. Terutama bantuan dari Kepala Kantor Syahbandar Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten Bapak Brigjend (Pol) Capt. Hermanta dan jajarannya selaku regulator Pelabuhan Banten selama angkutan Lebaran 2024 berlangsung serta dari aparat kepolisian dan TNI yang mengawal keamanan jalannya arus mudik dan balik di Pelabuhan Ciwandan.


“Seluruh petugas yang terlibat dalam melaksanakan kegiatan tidak mengenal lelah saat menghadapi angkutan Lebaran arus Mudik dan arus Balik baik siang dan malam,” pungkasnya. (Wie/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top