Senin, 07 Agustus 2023

DPP PJBN Gelar Festival Pencak Silat dan Jaipong Warisan Budaya Banten


Pandeglang // GebrakNasional.com - Abah Haji TB. Sangadiah selaku Ketua Umum DPP PJBN menggagas acara Festival pencak silat dan adu Jaipongan se-Banten tahun 2023 yang diselenggarakan di Markas Komando (Mako) Dewan pimpinan pusat (DPP) Peguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) kampung Kadu Badak, Desa Pagadungan, Kecamatan Karang Tanjung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Senin, 07/08/2023.

Acara festival ini dihadiri oleh para jajaran petinggi TNI dan Polri, unsur pimpinan Polda Banten serta Kapolres, Pemda Kabupaten. Pandeglang, Pemda Kota Serang, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Ustadz dan unsur muspika kecamatan serta kelurahan juga seluruh keluarga besar PJBN Provinsi Banten dan masyarakat sekitarnya.

Ketua Umum PJBN sekaligus pendiri PJBN Abah KH.TB. Sangadiah, membuka pagelaran yang bertajuk Festival pencak silat & adu jaipongan se-Banten. 


Acara tersebut sebagai bentuk refleksi dengan semakin tergerusnya seni tradisional oleh budaya barat yang tidak dapat dibendung lagi. 

Acara festival dengan agenda kompetisi pencak silat dan jaipongan diikuti sekitar 1000 lebih peserta dari berbagai padepokan silat maupun paguyuban jaipongan, yang ada di Provinsi Banten.

Abah sepuh yang akrab dipanggil sapaan Abah KH. TB. Sangadiah selain Tokoh Nasional di republik ini.

Acara ini sebagai tanda bahwa kalau bukan kita sebagai warga Indonesia yang peduli akan kekayaan keragaman budaya dari sabang sampai merauke lalu siapa lagi ?,” ujarnya Abah.

Sangat miris sekali dengan generasi muda sekarang, mereka sudah lupa akan marwah budaya leluhur yang harusnya tetap dijaga, dilestarikan agar tidak hilang ataupun di klaim oleh negara lain.

“Karena itu mudah-mudahan dengan diadakannya kompetisi pencak silat dan jaipongan ini para generasi muda akan tertarik untuk belajar betapa indahnya budaya kita sendiri,” tegas Abah Sepuh.
Acara festival dihadiri oleh Ketua Pengurus Harian DPP PJBN Hj. Ratu Ageng Rekawati KD, yang juga bakal calon Gubernur Banten 2024.

Dalam sambutannya, Hj. Ratu Ageng Reakawati KD, yang juga biasa disapa Bunda Reka mengatakan sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Abah Sepuh. 

“Saya sangat bangga atas acara yang di gelar secara spektakuler ini oleh orang tua kita, yaitu Abah KH. TB. Sangadiah yang begitu megahnya untuk memberikan motivasi kapada anak-anaknya yang bernaung di keluarga besar PJBN. Sejatinya apa yang dikorbankan orang tua terhadap anak-anaknya agar pelestarian seni budaya yang terus tiada henti, sehingga disinilah bukti nyata kecintaan Abah orang tua kita terhadap seni budaya, walau sudah banyak kemajuan jaman tapi inilah buktinya sampai detik ini Abah TB Sangadiah dan anak-anaknya masih berdiri kokoh diatas kaki dan negeri sendiri bahwa seni budaya Indonesia masih banyak diminati dan di gemari para Kaum milenial baik di provinsi Banten maupun daerah lain yang ada di Indonesia,” pungkas Bunda Reka yang juga Puteri kandung Abah Sepuh. (Asep/Wie)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top