Kamis, 01 Juni 2023

Polres Cilegon Melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023


Cilegon // GebrakNasional.com - Polres Cilegon Polda Banten Melaksanakan Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila Tahun 2023 dengan Tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global, Yang Dipimpin Oleh Wakapolres Cilegon Kompol Andie Firmansyah di Lapangan Apel Polres Cilegon, Kamis, (01/06).


Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro diwakili Wakapolres Cilegon Kompol Andie Firmansyah Mengatakan Bahwa Hari ini Kami melaksanakan Upacara Peringatan Hari lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2023 di lapangan apel polres Cilegon Polda Banten yang dihadiri Oleh pejabat utama Polres Cilegon, Para Perwira Polres Cilegon, Para Bintara Polres Cilegon, ASN Polres Cilegon dan Siswa SPN Polda Banten.


Dalam upacara ini Kami membacakan Amanat Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus sebagai bintang penonton dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur.


Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang maha esa untuk bangsa Indonesia pengalaman nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana seperti saling menghargai bekerja sama dan saling menghormati berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional bhinneka tunggal Ika. Ujar Kompol Andie Firmansyah 


Hari Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam dalam hati bangsa Indonesia. Tambah Andie Firmansyah 


Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi covid-19 hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia ke depan kita akan mewujudkan Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2018 yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia menjunjung tinggi pluralisme berbudaya religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika menjadi pusat pendidikan teknologi dan peradaban dunia masyarakat dan penyelenggaraan negara yang bebas dari perilaku korupsi terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia. Ujar Kompol Andie Firmansyah.


Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini marilah kita bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global mengakhiri sambutan ini saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kita semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja membuat prestasi membuat terobosan dan membuat pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang Semoga Allah subhanahu Wa ta'ala senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua. Tutup Kompol Andie Firmansyah. (Wie/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top