Senin, 13 Februari 2023

Kanit Binmas Polsek Jiput Polres Pandeglang kunjungi kelompok Sadar Wisata di Desa Banyuresmi


Pandeglang // GebrakNasional.com - Kanit Binmas Polsek jiput Polres Pandeglang Aipda Ervan A.Pratama,S.H kunjungi kelompok sadar wisata (pokdarwis) Surya Mandiri Sejahtera yang berada diwilayah hukum Polsek jiput di Kp.Cisaat Desa Banyuresmi Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang. Senin (13/2/2023).


Pokdarwis tersebut mengadakan kegiatan pembinaan terhadap warga pengrajin anyaman bambu, Kegiatan bertujuan untuk dapat lebih memajukan Potensi Wisata yang ada di kecamatan jiput agar dapat memberi kontribusi terhadap masyarakat dan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan guna mengurangi pengangguran.


Tujuan kanit binmas mengunjungi kelompok tersebut ialah ingin melihat hasil para pelaku Pengrajin Bambu yang ada di desa Banyuresmi,dan juga untuk memberikan himbauan dan menyampaikan pesan pesan kamtibmas secara langsung sekaligus mengajak para pengrajin untuk selalu meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan terhadap lingkunganya masing masing.


Kanit binmas mengatakan, batang bambu termasuk tanaman yang banyak tumbuh di Kabupaten Pandeglang khususnya di  Kecamatan Jiput.

 

“Dengan adanya tanaman bambu, menganyam bambu juga menjadi salah satu mata pencaharian warga Desa Banyuresmi Kecamatan Jiput” katanya.


Ia juga menuturkan, di desa ini terdapat beberapa pengrajin anyaman bambu seperti topi, tas, tempat buah, boboko,Aseupan,Tampah dan alat dapur lainnya yang digunakan untuk menyiapkan bahan masakan atau alas untuk tumpeng,dan lain sebagainya.


“Harapan saya kedepannya, anyaman bambu ini tetap diminati oleh masyarakat dan tetap mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari para pengrajin Dan secara otomatis, akan membantu memasarkan kerajinan-kerajinan para pengrajin yang ada di Desa banyuresmi sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga”.Ucap Kanit binmas.


Dalam kesempatan tersebut juga, kanit binmas mengapresiasi kegiatan kelompok tersebut  dan tak lupa memberikan pesan kepada masyarakat setempat agar terus meningkatkan kreatifitasnya guna bisa menembus pasar ekspor.


Salah satu pengurus kelompok, oji mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pihak polsek jiput yang telah berkunjung dan telah memotivasi serta memberikan imbauan untuk kelompoknya.


"Kami ucapkan terimakasih kepada pihak polsek jiput yang telah berkunjung dan memberikan motivasi kepada kami"ucapnya.


Ia menambahkan bahwa kerajinan anyaman bambu yang dibina oleh pokdarwis Surya mandiri sejahtera tersebut juga memiliki program wisata edukasi bambu, yang harapannya bisa menjadi mitra bagi masyarakat dan lembaga pendidikan sebagai sentra pembelajaran tentang tanaman  bambu dan anyaman bambu.


"Bambu merupakan tanaman yang melimpah di kecamatan jiput, dan merupakan potensi untuk dikembangkan oleh masyarakat,dan kami memanfaat bambu tersebut melalui pembuatan anyaman dengan berbagai motif dan bentuk, dan alhamdulilah produk kami telah terjual ke luar daerah seperti jakarta , bali, bahkan sampai ke Palangkaraya"tambahnya.  (Wie/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Berita Terbaru

Back to Top